[Review] Game Doraemon Story of Seasons Indonesia

Doraemon Story of Seasons

Doraemon Story of Season diperkenalkan pada tanggal 13 Juni 2019 di Jepang dan rilis secara global pada tanggal 11 Oktober 2019 membuat permainan bertajuk simulasi berkebun dan beternak ini ramai diperbincangkan.

Bagaimana tidak? Permainan yang hampir mirip dengan game terdahulunya yaitu, Harvest Moon ini cukup menarik untuk dimainkan dan sekarang gamerines akan mengulas beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum bermain game Doraemon Story of Season sebagai berikut :

Tentang Game Doraemon Story of Seasons

Doraemon Story of Seasons
Tentang Doraemon Story of Seasons

Seperti yang kalian ketahui bahwa game Doraemon Story of Seasons rilis secara global pada tanggal 13 Juni 2019 ini cukup menarik banyak perhatian kalangan gamers di seluruh dunia. Game yang dibuat oleh Marvelous Inc. dan Brownies Inc berhasil menciptakan sebuah permainan simulasi berkebun dengan menggunakan karakter dari Film kartun Doraemon seperti, Shizuka, Giant, Doraemon, Suneo, dan Nobita.

Permainan Doraemon Story of Seasons dapat dimainkan di dua platform berbeda yaitu, Nintendo Switch dan PC. Khusus buat pemain PC kamu bisa membelinya di situs game STEAM dengan harga Rp. 339.000 saja dan berikut ini minimal PC yang direkomendasikan untuk bermain game Doraemon Story of Seasons :

Sistem Operasi Windows 10 Home
Prosessor Intel Core2 Duo E8400 atau AMD Phenom II X2 550
Memori RAM 4 GB
VGA Grapich GeForce 9800 GTX+ or Radeon HD 3870
DirectX Version 11
Penyimpanan Internal 750 MB
Sound Card DirectX compatible soundcard or onboard chipset

Latar Belakang Game Doraemon Story of Seasons

 

Diawal permainan game Doraemon Story of Seasons ini kamu akan melihat cuplikan video kejadian cerita di sebuah liburan musim panas Nobita menemukan benih misterius berbentuk spiral di taman bermain. Singkat cerita Nobita dan Doraemon langsung pergi ke bukit belakang sekolan untuk mencoba menanam benih misterius berbentuk spiral yang ditemukan oleh Nobita

Kemudian, Nobita dan Doraemon mengajak Suneo, Giant, dan Shizuka untuk melihat benih misterius yang langsung tumbuh disaat itu juga. Tidak lama kemudian, turunlah hujan deras diselimuti oleh awan hitam dan petir cukup besar.
Selanjutnya, mereka semua berteduh di bawah pohon dan tidak lama ada angin besar membawa pohon tersebut beserta Nobita, Doraemon dan teman teman yang lain ke dalam portal misterius.

Disinilah awal mula permainan dimulai, seluruh barang penting punya Doraemon seperti, secret gadgets dan peralatan lainnya oleh Binatang setempat. Sampai akhirnya mereka memutuskan untuk mencari kota yang berpenghuni.
Sampai akhirnya mereka bertemu dengan penduduk setempat, Awal bertemu mereka semua tidak tau Bahasa setempat dan Doraemon akhirnya mengeluarkan alat Konyaku Penerjemah untuk mengetahui apa yang dikatakan penduduk setempat.

Singkat cerita penduduk yang ditemui tersebut ternyata orang baik dan memperkenalkan kepada seluruh penduduk desa. DI sesi perkenalan ternyata beberapa teman Nobita seperti, Doraemon, Giant, Suneo dan Shizuka mendapatkan tempat untuk menginap dan bekerja sementara Nobita terpaksa harus tinggal disebuah gubuk di tengah perkebunan luas.
Sesi cuplikan cerita selesai dan kamu langsung bisa memainkan game Doraemon Story of Seasons. Mungkin sedikit membosankan diawal. Karena, seluruh alur ceritanya tidak bisa diskip. Hal ini sengaja dilakukan supaya seluruh pemain mengetahui alur cerita dari awal dan tidak langsung ke inti permainan.

Gameplay Doraemon Story of Seasons

Doraemon Story of Seasons

 

Doraemon Story of Seasons memiliki gameplay yang hampir mirip dengan game Harvest Moon. Hanya saja di permainan kali ini terdapat sebuah misi yaitu, mencari alat – alat rahasia doraemon yang dicuri oleh binatang hutan.

Doraemon Story of Seasons

 

Disini kamu berperan sebagai karakter Nobita yang hidup di sebuah perkebunan milik Harmon salah satu penduduk desa yang ditemui saat awal masuk kota. Kamu ditugaskan oleh Harmon untuk merawat perkebunannya mulai dari bercocok tanam, memelihara hewan ternak dan tidak lupa membuka beberapa event untuk mendapatkan seluruh alat Doraemon yang diambil oleh binatang hutan.

Karakter Doraemon Story of Seasons

Doraemon Story of Seasons

 

Karena kamu tinggal di sebuah tempat asing dan bertemu banyak sekali orang orang tidak kenal. Maka dari itu harus tau dulu nih kira kira penduduk setempat sukanya apa aja sih? Supaya kamu dimudahkan untuk membuka suatu event tersebut. Berikut ini Karakter lengkap yang ada di Doraemon Story of Seasons :

Main Characters ( Karakter Inti )

Karakter Loves ( Sangat Menyukai ) Likes ( Suka )
Doraemon Dorayaki Sunflower, Watermelon, Udon, Napa Cabbage
Sue Baked Potato P.Daisy, Sweet Potato, Cheesecake, Yam
Big G Curry Normal Wood, Migratory Locust, Stew, G.Pepper
Sneech Marlin Stew Truffled Egg, Melon, Truffle, Diamond
Vera Compote Cabbage, Yogurt, Red Rose. Strange Food
Ryam Sashimi Boat Daikon, Matsutake, Truffled Egg, Ruby

 

Penduduk Desa

Karakter Loves ( Sangat Menyukai ) Likes ( Suka )
Helen Walnut bread Caramel Almonds, Strawberry, Goldfish, Egg
Harmon Tempura Potato, Sunflower, Fodder. Chikuzen-ni
Henson Fritter Gratin, Horse Mackerel, Crab, Chesse
Cooper Horned
Atlas
Strawbery Milk, Mantis, Mayonnaise, Honeybee
Taurus Amberjack
Daikon
Plum,
Milk, Pumpkin, Baked Beans
Aries Boiled
Carp
Peas,
Iris, Palbochae, Yarn
Rem Pudding Dandelion,
Morning Glory, Chili Shrimps, Wool
Ravi Namasu Fertilizer,
Burdock, Autumn Salad, Pink
Smitty Seared
Bonito
Copper
Ore, Ginger, Daikon, Namasu
Blake Ajillo Iron Ore, Cucumber, Carpaccio, Lily
Gennie Carpaccio Wheat, Carnation, Spring Salad, Red Saxifrage
Mark Pot-au-feu Gratin, Cauliflower, Ant, Firefly
Jemma Apple
Tart
Pudding, Carrots, P. Daisy, Bagna Cauda
Regis Strange
Food
Stir-fry,
Spices, Shepherd’s Purse, Lily
Serena Shortcake Terrine,
Shepherd’s purse, Aloe, Red Rose
Cafet Sandwich Bean
Paste, Apple, Pumpkin, Strange food
Eria Spring
Salad
Sauteed
salad, Lily, Wheat flour, Melon

 

Tips & Tricks Awal Bermain Doraemon Story of Seasons

 

Buat kamu yang baru memulai permainan Doraemon Story of Seasons jangan sampai salah langkah ya dalam bermain. Karena akan buang – buang waktu saja dan hasilnya tidak akan maksimal. Maka dari itu Gamerines akan memberikan Tips & Tricks bermain game Doraemon Story of Seasons sebagai berikut :

Hari Pertama Sampai Ke Tiga

 

Setelah kamu selesai melihat intro di awal permainan, pergilah keluar rumah dan bersihkan sampah – sampah perkebunan lalu tanamlah benih lobak yang diberikan pertama kali oleh Harmon. Setelah itu pergi ke General Store dan belilah dua item dengan harga 0 koin emas, beli paketan benih untuk ditanam dan bicaralah ke Jemma salah satu penduduk disana beberapa kali.

Nantinya, Jemma akan memberikan kamu Benih Lobak, Benih Kubis, Benih Strawberry dan Benih Kentang masing masing benih diberikan sebanyak 20 buah.

Setelah itu, pergilah ke tempat pengiriman khusus dan bicaralah kepada NPC yang bekerja disana dan nantinya kamu akan menerima item secara gratis yaitu, 5 Fatigue-Frogger dan 5 GRO-Quik.
Setelah semua selesai, pergilah ke kebun tempat kamu tinggal dan mulailah menanam semua benih yang diberikan oleh Jemma sebelumnya.

Hari Ke Empat

 

Bangunlah dan mulai harimu dengan membersihkan sampah yang berserakan di kebun dan mulailah menyirami semua benih tanaman yang sudah ditanam sebelumnya. Selanjutnya, pergilah ke area pertambangan di Swoosh Falls.

Dan, Bicaralah kepada NPC bernama Blake untuk mendapatkan peralatan PickAxe secara gratis. PickAxe sebuah peralatan yang berguna untuk mendapatkan kayu di hutan. Kumpulkan kayu supaya bisa membangun tempat tinggal yang layak.

Hari Ke Lima

 

Dihari kelima ada salah satu warga setempat bernama Sandy yang akan memberikan kamu peralatan Fishing Rod dan menjelaskan cara menggunakan peralatan tersebut untuk memancing ikan. Terdapat banyak sekali ikan yang ada di permainan Doraemon Story of Seasons.

Namun, untuk mendapatkan seekor ikan tidaklah mudah di dalam permainan ini. Kamu harus punya tingkat kesabaran tinggi untuk mendapatkan ikan tersebut.

Hari Ke Enam dan Seterusnya

 

Pergi ke General Store dan belilah item bernama Bug Net, Item ini berguna untuk menangkap serangga yang selanjutnya bisa kamu jual ke NPC penduduk desa. Selanjutnya, hal yang perlu dilakukan adalah sering – seringlah berbicara dengan seluruh warga setempat untuk mendapatkan beberapa cutscene.

Karena, beberapa cut scene akan membawa kamu kepada peralatan Doraemon yang diambil oleh binatang liar dihutan.
Satu hal penting adalah jangan terlalu boros dalam menggunakan uang. Karena, uang disini sangatlah penting untuk bertahan hidup dan jangan lupa membeli sebuah TAS untuk menaruh beberapa item hasil tambang dan kemudian dijual dengan harga tinggi.

Kesimpulan

 

Doraemon Story of Seasons permainan simulasi bercocok tanam layaknya game Harvest Moon hanya saja disini kamu mempunyai misi mengumpulkan barang – barang Doraemon yang diambil oleh Binatang liar dan sangat disayangkan dalam permainannya kamu tidak bisa melakukan sebuah pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *