Hari Penglihatan dan Hari Obesitas Sedunia

Mata adalah salah satu organ manusia yang berfungsi untuk melihat, Dengan organ ini kita bisa melihat keindahan alam disekitar. Selain itu, organ manusia satu ini sangatlah sensitif dimana bila tidak dirawat dengan baik maka mata kamu bisa saja rusak.

Hari penglihatan Sedunia

Penyakit mata meliputi,

Glaukoma : Salah satu penyakit yang merusak saraf pada mata sehingga akan mengalami gangguan penglihatan dan lebih buruknya adalah bisa menyebabkan kebutaan loh penyakit Glaukoma tersebut. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya tekanan pada bola mata.

Katarak : Penyakit katarak adalah penyakit yang menyerang lensa mata. Dimana lensa mata menjadi sulit untuk menerima cahaya masuk dan membuat lensa mata keruh atau burem. Penyakit ini disebabkan beberapa factor bisa usia, terpapar sinar matahari terlalu lama dan genetika.

Sebenarnya masih banyak lagi penyakit pada Mata. Kedua penyakit ini paling banyak menyerang mata manusia.
Berbicara mengenai Mata tepat pada tanggal 8 oktober 2019, saya menghadiri suatu undangan acara bertemakan Hari Penglihatan Sedunia dan Hari Obesitas Sedunia. Acara yang diadakan oleh kementerian kesehatan ini memberikan berbagai pengetahuan seputar mata dan juga obesitas,

Hari penglihatan Sedunia_3

Sesi pertama dibuka dengan informasi mengenai mata, Karena di Indonesia sendiri sangat banyak orang yang menderita penyakit pada matanya salah satu penyakit terbesar adalah Katarak. Penyakit katarak paling banyak terjadi kepada orang yang memiliki umur 40 keatas. Terdapat beberapa factor yang menyebabkan terjadinya penyakit katarak seperti, Paparan Sinar Ultraviolet, Riwayat keluarga, kelainan sistematik dan kelainan akibat penyakit lain ( Glaukoma, Uveitis dan Traumatik).

Maka dari itu, Cegahlah penyakit mata sedari dini dengan makan makanan yang mengandung vitamin C, perbanyak makan sayuran, dan setiap 3 bulan sekali pergilah ke dokter kesehatan mata untuk mengecheck kondisi kesehatan bola mata kamu. Setelah membahas mengenai mata dan kesehatannya, acara dilanjutkan dengan hari obesitas sedunia.

Sekilas Tentang Obesitas

Hari Obesitas Sedunia

Obesitas adalah salah satu penyakit akibat penumpukan lemak dibadan yang berlebihan. Sehingga membuat lingkar badan khususnya perut menjadi lebih besar dari normalnya. Biasanya, Penyakit ini disebabkan mengkonsumsi makan makanan dengan kadar lemak yang banyak ditambah lagi tidak adanya aktivitas fisik sehabis makan. Tahap inilah yang membuat lemak menumpuk di dalam tubuh kita.

 

Selain itu, penyakit obesitas ini mempunyai dampak yang cukup berbahaya dimana buat kamu yang mengalami obesitas harap waspada. Karena dimulai dari obesitas maka penyakit lainya akan ikut juga seperti, Penyakit Stroke, Asma, Kanker empedu, ginjal dan masih banyak lagi.

Hari Obesitas Sedunia_1

Dari Bahayanya penyakit obesitas ini diharapkan kamu mencoba untuk mencegahnya dengan cara :

1. Pola makan seimbang mencakup ( Nasi, Sayur – Sayuran, Daging)

2. Olahraga minimal 30 menit misalkan, Olahraga lari, badminton, jalan kaki minmal 10.000 langkah setiap harinya.

3. Jangan kebanyakan ngemil gula ataupun garam secara berlebihan.

Dan masih banyak lagi cara mencegah penyakit obesitas. Penyakit obesitas ini sering dialami oleh pria dan perempuan. Hanya saja untuk cara menurunkan obesitas lebih cepat perempuan. Mungkin karena factor genetic bisa mempengaruhi tingkat percepatan penurun obesitas.

Kesimpulan

Jagalah kesehatan tubuh kamu sedari dini supaya nanti ketika sudah tua, badan kamu masih sehat bugar dan bisa beraktifitas dengan baik. Selain itu, bila sudah mengetahui gejala penyakitnya diharapkan untuk periksa ke dokter secepatnya. Jangan sampai nunggu besok besok. Karena, bila sudah terkena kedua penyakit bisa mahal untuk berobatnya.
Sesi terakhir adalah foto bersama dengan tamu undangan dari team blogger crony deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *