Waspadai Orang Disekitar Kita yang Mencoba Ingin Bunuh Diri

Pernah saya mendengar dan membaca sebuah berita tentang kasus kematian bunuh diri yang terjadi akibat kerusakan mental terhadap seseorang. Kerusakan mental atau gangguan mental itu sendiri bisa saja terjadi dikehidupan sehari hari.
Tepat pada tanggal 10 Oktober 2019, Kementerian kesehatan Republik Indonesia mengadakan acara Temu Blogger dengan tema “ Mental Health Promotion and Suicide Prevention”. Di acara ini turut mengundang narasumber dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si, dr. Fidiansyah, SpKJ, dan psikolog Novi Yulianty M. PSi.

Acara ini bertujuan untuk mengupayakan tindak promotif serta preventif pencegahan bunuh diri. Bunuh diri itu sendiri artikan sebuah tindakan sengaja yang menyebabkan kematian diri sendiri. Misalkan, menggantungkan diri, lompat dari gedung tinggi dan masih banyak lagi kasus bunuh diri yang terjadi di dunia.

Kasus bunuh diri ini berkaitan erat dengan kesehatan jiwa seseorang. Kasus bunuh diri ini adalah kasus kematian nomer 2 yang terjadi di masyarakat berusia 15 – 29 Tahun.

Terdapat beberapa factor yang menimbulkan keinginan untuk bunuh diri anta lain :

– Kesepian.
– Merasa tidak dibutuhkan.
– Merasa tertekan.
– Putus Asa.

Dan masih banyak lagi factor yang menimbulkan keinginan untuk bunuh diri selain itu, ada beberapa factor keiinginan yang ditimbulkan akibat orang lain loh seperti :

– Bullying.
– Diskriminasi.
– Stigma negative.

Ditambah lagi keinginan bunuh diri ini ternyata bisa menular ke orang lain loh. Cara menularnya sangatlah mudah yaitu, adanya keinginan bunuh diri akibat keren, adanya keinginan bunuh diri akibat ingin semua masalah terselesaikan.
Lantas langkah apa aja sih yang harus dicegah kepada orang orang yang memiliki keinginan untuk bunuh diri?

Pertama, Kenali tanda – tanda bunuh diri, biasanya para pelaku yang ingin bunuh diri berbicaranya aneh aneh seakan mereka berimajinasi ingin pegang pisau dan langsung mengakhirin hidupnya selamanya.

Kedua, Waspadai lah anak anak atau remaja, dimana disini banyak sekali remaja atau anak anak yang ingin melakukan bunuh diri.

Ketiga, Berikanlah dukungan kepada orang orang yang sudah depresi ingin bunuh diri. Caranya sangatlah mudah kamu cukup dekati orang tersebut dan ajaklah orang itu melakukan sesuatu hal yang bikin happy sehingga orang itu mengurungkan niatnya untuk bunuh diri.

Kesimpulan

Buat kamu yang menemukan orang yang mempunyai gejala ingin bunuh diri lebih baik jangan kamu tinggalkan atau abaikan, Melainkan kamu harus dekati orang itu dan ajak mereka untuk hangouts atau melakukan suatu aktifitas sehingga orang yang ingin bunuh diri menjadi lupa dan mengurungkan niatnya untuk bunuh diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *